Notification

×

Iklan

Iklan

PPMT Mahasiswa Unimma Dampingi IKM Slondok Aredo

Minggu, 21 Januari 2024 | Januari 21, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-21T05:31:22Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik

Mahasiswa Unimma Dampingi IKM Slondok Aredo (Foto : IST)

Tamiang-News.com | MAGELANG
- Tim mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) melaksanakan kegiatan pendampingan pada IKM Aredo melalui kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT). Kegiatan pendampingan yang dibimbing oleh Dr. Dra. Retno Rusdjijati, M.Kes dosen Teknik Industri ini dimulai sejak tanggal 14 Desember 2023.


Para mahasiswa yang terdiri dari  Abidah Ardelia Belva F, Aprilia Devi Indriani, Fika Agus Tina, Mayang Aprelia, dan Putri Rayhandita dari prodi Manajemen dan Teknik Industri, mendampingi IKM Aredo selama satu bulan dalam melakukan pengembangan usaha. 


IKM Aredo merupakan industri kecil yang beralamat di Tidar Sawe, Tidar Selatan, Kota Magelang yang memproduksi kripik slondok berbahan baku singkong. IKM yang mempekerjakan 3 karyawan yang rata-rata perempuan lansia tersebut masih menggunakan peralatan kerja yang bersifat semi konvensional, sehingga banyak menimbulkan keluhan subyektif. Seperti postur kerja saat menggoreng slondok berdiri terus-menerus, postur duduk di atas dingklik saat pengemasan produk.  Hal ini mengakibatkan munculnya keluhan-keluhan subyektif seperti mudah lelah, sehingga mempengaruhi kapasitas produksi.


Di sisi lain, IKM Aredo juga belum melakukan pengelolaan keuangan dengan baik, sehingga tidak bisa mengetahui dengan cepat apakah kegiatan usaha yang dilakukan menguntungkan atau tidak. Juga pengemasan dan labeling masih menggunakan kemasan yang belum mampu memberikan perlindungan produk secara maksimal, dan label masih dimasukkan ke dalam kemasan produk. 


Oleh karena itu, dalam kegiatan PPMT itu para mahasiswa melakukan pendampingan berupa pemberian informasi tentang pengemasan produk yang meliputi jenis kemasan serta penggunaan label; pemberian kursi yang ergonomis untuk pengemasan produk; pendampingan pembukuan sederhana; dan pemasangan papan nama petunjuk lokasi industri. 


Yudi selaku pemilik IKM Aredo sangat berterimakasih kepada para mahasiswa karena telah berkenan mendampingi kegiatan usahanya kurang lebih 1 bulan, Beliau juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat membantu bagi pengembangan usahanya.[]

×
Berita Terbaru Update