Notification

×

Iklan

Iklan

Mendampingi Anak di Era Digital Menurut Islam

Sabtu, 25 November 2023 | November 25, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-25T04:48:06Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik

Foto : Ilustrasi/Sorogan.id

Perkembangan zaman menjadi salah satu pengaruh berkembangnya pula dunia digital dunia saat ini. Hal ini tentu tidak akan mampu dilepaskan dari tiap aspek kehidupan manusia. Bahkan tak jarang, telah banyak sekolah yang melaksanakan pembelajarannya melalui media digital. Banyak pula kegiatan-kegiatan yang kini dapat dilaksanakan via online tanpa perlu bertatap muka, beberapa hal ini merupakan perkara yang sudah umum dirasakan dari berkembangnya media digital saat ini. 


Islam selalu mengajarkan bagaimana cara hidup yang bermanfaat ditengah-tengah Masyarakat yang maju atau sudah mengunakan teknologi yang canggih. Langkap-langkah yang harus di lakukan oleh orang tua dalam mendampingi anak adalah: 


1. Menamankan nilai-nilai Aqidah yang kokoh dan menerapkannya dalam kehidupannya sehari-hari 


عَنْ ابنِ عباسٍ رضي الله عنهما، قَالَ: كنت خلف النَّبيّ صلى الله عليه وسلم يوماً، فَقَالَ: "يَا غُلامُ، إنِّي أعلِّمُكَ كَلِمَاتٍ: احْفَظِ اللهَ يَحْفَظْكَ، احْفَظِ اللهَ تَجِدْهُ تُجَاهَكَ، إِذَا سَألْتَ فَاسأَلِ الله، وإِذَا اسْتَعَنْتَ فَاسْتَعِنْ باللهِ...الخ


Dari Abdullah bin Abbas RA, bahwa Rasulullah Shallahu ‘alaihi wasallam bersabda, "Jagalah Allah, niscaya Dia menjagamu; jagalah Allah, niscaya kamu mendapati-Nya bersamamu; jika kamu mempunyai permintaan, mintalah kepada Allah; jika kamu membutuhkan pertolongan, minta tolonglah kepada Allah…" (HR At Turmudzi).

 

Hadits ini mengajarkan kepada anak Upaya apa saja yang seharusnya dilakukan Ketika menemui kesulitan hidup dengan menjaga agama Allah dimanapun berada, dalam keadaan susah maupun senang. 


Orang tua dapat berdiskusi dengan kasus-kasus yang terjadi di keseharian anak, seperti ketika mereka mereka mengingankan sesuatu maka diajarkan untuk hanya meminta kepada Allah saja. 


Orang tua wajib mengajarkan kepada anak tentang rukun Islam dan rukun iman serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari, bagi orang tua yang belum mengetahui tentang hal ini maka wajib belajar terlebih dahulu dengan ustadz atau ahli agama.


2. Diskusi mengenai apa yang mereka lihat, dengar atau rasakan. 

Ditenggah gempuran teknologi yang sangat kuat, anak-anak mempunyai banyak pertanyaan di dalam fikiran nya tentang banyak hal. Upaya yang harus kita lakukan adalah dengan banyak diskusi tentang apa yang dia lihat, apa yang dia dengar atau apa yang dia rasakan. Jika kita tidak melakukan hal itu bisa jadi anak mencari informasi-informasi dari sumber yang tidak terpercaya.


Orang tua mengajak bertafakur dengan kebesaran-kebesaran Allah, berdiskusi dengan apa yang dilihat seperti ketika berkunjung ke laut, pegunungan atau ke tempat dimana kita bisa melihat kebesaran Allah seperti tempat-tempat bersejarah. Kita juga bisa  berdiskusi dengan tentang kecanggihan teknologi yang berkembang saat ini, kecanggihan teknologi yang berkembang saat ini tidak lepas dari kebesaran ilmu Allah yang sanggat luas sehingga anak lebih bisa bijak dalam mengunakan teknologi karena semua fasilitas kemudahan yang Allah hamparkan kepada manusia agar menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada-Nya. dalam firman Allah mengambarkan kebesaran nya :


اَفَلَمْ يَنْظُرُوْٓا اِلَى السَّمَاۤءِ فَوْقَهُمْ كَيْفَ بَنَيْنٰهَا وَزَيَّنّٰهَا وَمَا لَهَا مِنْ فُرُوْجٍ ٦ 

وَالْاَرْضَ مَدَدْنٰهَا وَاَلْقَيْنَا فِيْهَا رَوَاسِيَ وَاَنْۢبَتْنَا فِيْهَا مِنْ كُلِّ زَوْجٍۢ بَهِيْجٍۙ ٧

تَبْصِرَةً وَّذِكْرٰى لِكُلِّ عَبْدٍ مُّنِيْبٍ ٨

Artinya: 

6. Apakah mereka tidak memperhatikan langit yang ada di atas mereka, bagaimana cara Kami membangunnya dan menghiasinya tanpa ada retak-retak padanya sedikit pun?

7. (Demikian pula) bumi yang Kami hamparkan serta Kami pancangkan di atasnya gunung-gunung yang kukuh dan Kami tumbuhkan di atasnya berbagai jenis (tetumbuhan) yang indah

8. untuk menjadi pelajaran dan pengingat bagi setiap hamba yang kembali (tunduk kepada Allah).


Dalam ayat ini kita dapat berdiskusi tentang penciptaan Allah berupa langit, bumi dan penganturan nya sebagai penginggat kita bahwa ilmu Allah itu sangat  luas dan hendakanya kita selalu taat dan bersyukur terhadap Allah. Dan ini dapat dilakukan ketika kita berkunjung ke daerah-daerah yang pemandangannya bagus atau ketika melihat langit yang cerah dan indah.


3. Membangun hubungan yang baik dan kuat antara orang tua dan anak

Hubungan yang baik dan kuat antara orang tua dan anak menutup kemungkinan anak terjatuh ke dalam jurang negatif, anak juga akan lebih mudah untuk menerima nasehat dan lebih mendengarkan apa yang diarahkan oleh orang tua. 


Orang tua harus bisa menjadi pengarah yang baik dalam mengambil keputusan dan melibatkan anak dalam mengambil keputusan dalam keluarga sehingga anak merasa dihargai dan dianggap keberadaanya. Hindari orang tua yang bersikap toxic ataupun diktator karena itu bisa membuat mental anak kurang sehat dan lemah.


4. Mengajak anak berfikir tentang efek ketergantungan gadget dan ajarkan cara mengunakan gadget secara bijak 

Hendaknya orang tua mengambarkan tentang semua hal yang merugikan jika terlalu banyak mengunakan gadget dan kenalkan aplikasi-aplikasi yang positif dan aplikasi-aplikasi yang tidak boleh ditonton maupun di install.


5. Memberikan kegiatan-kegiatan positif

Orang tua memberikan atau menjadwalkan kegiatan positif dalam keseharian anak, seperti: olahraga sepak bola bermain sepeda, bercocok tanam, mengaji, melatih life skill, berkunjung ke rumah saudara, dll.


Demikian hal-hal yang bisa dilakukan orang tua dalam mendamping anak pada era digital ini, wallahu a`lam bishawab


Penulis :

Roidah Lina, Lc, M.M, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta, email : qrobbaniyah@gmail.com 

×
Berita Terbaru Update