Notification

×

Iklan

Iklan

Sering Dianggap Sepele, Inilah Pentingnya Komunikasi dalam Hubungan

Sabtu, 13 Januari 2024 | Januari 13, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-13T09:43:45Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik

Foto : ILUSTRASI

Sebelum kita membahas tentang pentingnya komunikasi dalam sebuah hubungan, kita harus tahu dulu nih apa itu komunikasi. Jadi, komunikasi merupakan kemampuan untuk mengekspresikan perasaan dan memahami sesuatu yang diekspresikan orang lain. Komunikasi yang baik menjadi salah satu kunci utama dalam hubungan yang sehat dalam hubungan, terutama dalam hubungan romansa.


Membangun dan menjaga komunikasi yang baik dengan pasangan adalah hal yang penting, terutama jika sering bertengkar atau menyembunyikan perasaan negatif akan sulit membangun komunikasi dengan pasangan. Dalam sebuah hubungan sudah menjadi hal yang wajar ketika salah satu dari pasangan muncul perasaan negatif. Perasaan negatif inilah yang harus dihindari dalam sebuah hubungan. Jika dalam suatu hubungan terus menerus muncul perasaan negatif, akan membuat hubungan tersebut semakin retak. Untuk itu, komunikasi sangat diperlukan dalam suatu hubungan.


1. Mempererat hubungan

Komunikasi yang berjalan dengan baik dapat membuat hubungan semakin erat. Jika kamu dan pasanganmu sering berkomunikasi, sering bercanda maka akan menjadi lebih dekat satu sama lain dan hubungan semakin erat. Komunikasi yang kurang dalam sebuah hubungan akan memancing suatu perdebatan dan permasalahan.


Dekat atau tidak nya kamu dengan pasanganmu dapat diukur dengan seberapa sering kamu berkomunikasi dengan pasanganmu. Semakin jarang komunikasi dalam sebuah hubungan, maka akan semakin banyak peluang terjadinya masalah dalam sebuah hubungan. Hal ini tentu akan membuat hubungan semakin retak, sehingga harus diperlukan adanya komunikasi yang baik.


2. Saling memahami

Jika kamu dan pasanganmu menerapkan komunikasi yang sehat, maka akan memahami satu sama lain. Komunikasi diperlukan supaya lebih mengenal sehingga koneksi antara kamu dan pasanganmu tetap terjaga. Ini juga diperlukan agar jika terjadi suatu masalah maka kamu dan pasanganmu dapat memahami kondisi satu sama lain.


Saling memahami dalam sebuah hubungan diperlukan terutama jika kamu sedang bertengkar dengan pasanganmu dan kamu memutuskan untuk menenangkan diri sejenak maka pasanganmu akan memahami kondisi kamu dan memberikan waktu.


3. Menyelesaikan masalah

Masalah yang ada dalam sebuah hubungan tentu harus diselesaikan dengan cara baik-baik, salah satu cara yang efektif adalah dengan komunikasi. Dalam sebuah hubungan yang dewasa, jika terjadi masalah dalam sebuah hubungan harus diselesaikan hingga tuntas dan tidak lepas dari tanggung jawab masing-masing.


Jika sedang terjadi sebuah masalah dalam hubungan dan pasanganmu menghilang begitu saja, itu artinya pasanganmu tidak bisa bertanggungjawab atas hubungan yang sedang dijalani.


4. Menghindari kesalahpahaman

Komunikasi yang bagus dalam sebuah hubungan juga dapat menghindari terjadinya salah paham. Salah paham dalam sebuah hubungan jangan sampai kamu jadikan hal yang sepele, karena banyak pasangan yang hubungannya retak akibat salah paham. Dengan komunikasi secara jelas, jujur akan menghindari kesalahpahaman dalam hubungan.


5. Menciptakan hubungan sehat

Kunci dalam sebuah hubungan tentu komunikasi. Dengan adanya komunikasi yang baik antar pasangan, maka akan menciptakan suatu hubungan yang sehat. Jika kamu dan pasanganmu sering bertengkar lalu tidak ada komunikasi untuk menyelesaikannya, maka hubungan antara kamu dan pasanganmu bisa dianggap tidak sehat.


Ketika kita sudah berkomitmen untuk menjalin hubungan dengan pasangan kita, itu artinya kita sudah setuju untuk melibatkan pasangan kita dalam aspek kehidupan kita. Oleh karena itu, jika kita ingin komunikasi yang sehat dengan pasangan, kita harus bekerja sama untuk saling menurunkan ego masing-masing, saling mendengarkan, dan saling pengertian satu sama lain.[]


Pengirim :

Griselda Salsabila, mahasiswa Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang, email : griseldasalsabila455@gmail.com 

×
Berita Terbaru Update