Notification

×

Iklan

Iklan

Menumbuhkan Semangat Kemanusiaan: Pentingnya Keterlibatan Anak Muda dalam Kegiatan Volunteer

Kamis, 28 Maret 2024 | Maret 28, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-28T14:59:50Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik

Renata Liestyar Dani (Foto : IST)

Volunteer merupakan kegiatan sukarelawan yang dilakukan tanpa mengharap imbalan dan dilakukan dengan sukarela tanpa paksaan siapapun. Keterlibatan anak muda dalam kegiatan volunteer membawa dampak positif bagi masyarakat dan juga diri mereka sendiri. Kegiatan volunteer dianggap sebagai bentuk pengabdian langsung kepada masyarakat. 


Kegiatan volunteer berpengaruh penting dalam pembentukan karakter anak muda dan menumbuhkan nilai-nilai sosial yang saling peduli. Kegiatan ini sangat beragam sesuai dengan komunitas yang menyelenggarakan. Misalnya kegiatan mengajar anak-anak, beerkunjung ke panti jompo atau panti asuhan, kegiatan penanaman pohon dan kegiatan peduli lingkungan yang lainnya.


Saat ini, semakin banyak anak muda yang tertarik untuk mengikuti kegiatan volunteer. Bukan hanya menjadi sebuah tren dikalangan anak muda, namun partisipasi dan kontribusi mereka dalam kegiatan volunteer membawa dampak yang positif terhadap masyarakat dan diri mereka sendiri. Partisipasi dan kontribusi mereka membawa kabar baik, bahwa mereka berarti memiliki nilai kemanusiaan yang tinggi. Tidak sedikit yang merasakan kepuasan dan kebahagiaan ketika mengikuti kegiatan volunteer. 


Saat ini, banyak komunitas dan program-program volunteer yang menyediakan kesempatan bagi anak muda untuk terlibat. Misalnya, di Yogyakarta terdapat beberapa komunitas kerelawanan/volunteer, seperti Pemuda Peduli Yogyakarta, Yogyakarta Mengabdi, Yogyakarta Mengajar, dan lain sebagainya. Kita dapat memperoleh info-info kegiatan volunteer tersebut melalui sosial media, misalnya instagram.


Menjadi bagian dari komunitas volunteer dan dibalik aksi sukarela yang mereka lakukan memberikan banyak manfaat bagi para anak muda. Adapun manfaat mengikuti kegiatan volunteer bagi anak muda diantaranya: 

1. Menumbuhkan nilai nilai sosial 

2. Mengembangkan keterampilan; Mengikuti kegiatan volunteer dapat mengembangkan keterampilan, seperti leadership, teamwork, public speaking yang berguna unutuk karir masa depan anak muda.

3. Mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat

4. Dapat menginspirasi dan mempengaruhi orang lain; Misalkan ketika kita mengikuti kegiatan volunteer, biasanya anak muda zaman sekarang membagikan pengalaman mereka melalui sosial media seperti instagram. Hal ini dapat membuat orang lain terinspirasi untuk melakukan hal yang sama dan memberikan kontribusi yang positif kepada masyarakat.

5. Membangun jaringan sosial dan memperluas relasi ; Saat bergabung kedalam komunitas volunteer, kita akan bertemu dengan banyak orang yang cenderung memiliki minat yang sama. Kegiatan ini juga memberikan kesempatan bagi kita untuk bertemu banyak orang dengan berbagai latar belakang yang berbeda.


Melalui kegiatan volunteer, anak muda tidak hanya memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat namun bersamaan dengan hal itu terbentuklah kepribadian yang positif. Partisipasi anak muda dalam kegiatan volunteer juga memberikan manfaat yang berharga bagi perkembangan pribadi dan karier anak muda.[]


Pengirim :

Renata Liestyar Dani, mahasiswi Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Yogyakarta, Hp/WA : 0858-7990-24XX

×
Berita Terbaru Update