Notification

×

Iklan

Iklan

Kemakmuran dari Alam Untuk Kesejehteraan Indonesia

Jumat, 05 Januari 2024 | Januari 05, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-12T01:46:03Z
abati parfum | Parfum Arab Terbaik

Foto : ILUSTRASI

Alam memberikan banyak sekali manfaat kepada manusia untuk dapat digunakan dengan baik bagi kehidupannya.kemakmuran dari Alam memberikan nilai baik bagi Indonesia. Kemakmurannya menjadikan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia terutama bagi sektor ekonomi dan pariwisata.dimana kemakmuran dari Alam ini membawa masa depan Indonesia lebih cerah untuk  bisa menjadi Negara maju.namun,peran dari masyarakatnya pun harus bergerak dalam upaya memanfaatkan kekayaan Alam yang ada di Indonesia dengan baik agar keindahan dan kesuburannya tetap terjaga.pemanfaatan yang bijaksana dan berkelanjutan terhadap Alam dapat menjadi kunci untuk mencapai kesejahteraan di Indonesia di masa yang akan datang.

Indonesia memiliki sumber daya Alam yang melimpah karena terletak pada daerah tropis dengan curah hujan yang tinggi.Dengan keadaan seperti itu,maka banyak sekali tumbuhan yang hidup dengan baik.sebagai kekayaan bangsa untuk menjadi motor penggerak kemakmuran ekonomi dan sosial. Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat beragam dan meliputi berbagai jenis sumber daya Alam. Beberapa kemakmuran alam yang dapat ditemukan di Indonesia antara lain:

1. Keanekaragaman Hayati 
Indonesia banyak memiliki keanekaragaman hayati dengan berbagai spesies flora dan fauna  yang hidup di berbagai pulau yang tersebar di Indonesia.

2. Kekayaan Mineral dan Energi 
Sumber daya ini adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui yang dimana suatu saat akan habis.oleh karena itu diperlukannya pemanfaatan secara efektif dan efisien dalam penggunaanya. Yaitu,batu bara,minyak bumi,gas alam,tembaga,dan lain-lainnya. Kekayaan alam ini memberikan banyak keuntungan bagi pendapatan Negara.Beberapa wilayah yang terkenal akan tambang mineralnya antara lain Bangka Belitung,Sulawesi dan Papua.

3. Sumber Daya Hutan 
Indonesia memiliki banyak hutan yang mencakup luas yang banyak menghasilkan kayu untuk membuat alat keperluan rumah tangga seperti meja,kursi. Hutan pun berfungsi sebagai tempat perlindungan hewan-hewan liar.

4. Kekayaan Laut
Indonesia sebagai Negara perairan memiliki banyak laut yang di dalamnya terdapat banyak ikan sebagai mata pencaharian bagi sebagian masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup masyarakat yang tinggal di sekitar pantai.

5. Hasil Pertanian 
Tanah yang subur mendukung pertanian.Pertanian menjadi lahan meningkatkan kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. 

6. Potensi Pariwisata 
Banyaknya gunung,pantai hingga taman nasional yang merupakan bagian dari keindahan alam di Indonesia menjadi daya tarik bagi para wisatawan mancanegara maupun luar.dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat lokal.

Kemakmuran Indonesia terletak pada bijaksana dalam memanfaatkan kekayaan alamnya. Dengan pendekatan berkelanjutan, pemberdayaan masyarakat, dan pelestarian lingkungan, Indonesia dapat mencapai kesejahteraan yang berkelanjutan. Kemakmuran dari alam bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tugas bersama seluruh masyarakat Indonesia untuk melestarikan dan memanfaatkan sumber daya alam perlu diutamakan untuk mencegah kerusakan ekosistem demi masa depan Indonesia  yang sejahtera.[]


Pengirim :

Rahmaninda Tintania Sin Syn, Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Jakarta, email : rahmaninda28@gmail.com

×
Berita Terbaru Update